Senin, 01 Agustus 2011

Tips Dekor Rumah Dengan Budget Terbatas

img
Berencana mengubah dekorasi rumah, tapi Anda memiliki budget yang terbatas? Jangan khawatir, menata ulang agar rumah tampak lebih bagus sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak uang. Anda pun tidak harus selalu membeli perabotan baru.

Dengan sedikit inisiatif dan kreativitas, Anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah menjadi hiasan yang mempercantik tempat tinggal Anda. Barang-barang yang murah pun bisa disulap jadi kelihatan lebih elegan dan eksklusif dengan sedikit modifikasi. Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Helium.

1. Lihat Benda-benda Apa Saja yang Anda Punya
Daripada menghabiskan biaya untuk membeli perabotan dan aksesori untuk memperbaharui penataan rumah, lebih baik lihat dulu, benda apa yang sudah Anda punya di rumah. Terlalu banyak barang justru akan membuat ruangan tampak sesak dan berantakan.

Misalnya saja, ruangan dengan satu vas besar akan menambah nilai estetis pada rumah, dibandingkan lima atau enam vas yang berderetan. Jika rumah Anda cukup luas, mungkin tidak terlalu jadi masalah. Tapi bila ruang cukup terbatas, rumah akan terlihat semakin sempit dan 'mengganggu' penglihatan. Telusurilah seluruh ruangan dalam rumah, termasuk gudang dan kumpulkan barang-barang yang Anda nilai cukup berpotensi memperindah dekorasi ruangan. Setelah itu, lakukan penataan sesuai konsep yang diinginkan.

2. Minimalisir Barang-barang Tidak Terpakai
Penyebab rumah Anda terlihat tidak stylish adalah, karena terlalu banyak barang tidak terpakai di dalamnya. Siapkan rak atau kotak penyimpan berukuran besar dan sortir mana barang-barang yang sudah lama tidak Anda gunakan.

Simpan buku-buku, majalah atau novel yang sudah tidak pernah Anda baca dan taruh di dalam kotak. Tapi jangan lupa memasukkan kamper atau kapur anti ngengat dan rayap agar kondisi buku tetap dalam keadaan yang bagus. Dengan cara ini, Anda memberikan ruang kosong untuk ditempati benda-benda yang bisa memperindah rumah Anda. Rumah pun terlihat lebih bersih dan rapi.

3. Tempatkan Benda yang Menarik Sebagai Hiasan Rumah
Jika Anda menemukan sesuatu yang menarik di rumah, tapi ditempatkan di lokasi yang jauh dari pandangan mata, segera pindahkan benda tersebut untuk mempercantik ruangan. Misalnya saja, mangkok besar berwarna merah yang disimpan di lemari, bisa Anda letakkan di meja ruang tamu dan diisi berbagai macam bebatuan hias. Atau, bila Anda menemukan vas hitam di kamar tidur, pindahkan sebagai aksen pemanis di sudut ruangan dan beri beberapa tangkai bunga.

Anda juga bisa mengumpulkan tangkai-tangkai bunga mawar yang sudah mengering, dan merangkainya dalam bingkai foto polos sebagai hiasan dinding. Masih banyak cara untuk menghias rumah kesayangan Anda, tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Kuncinya satu, jadilah kreatif.

4. Cermin
Cermin bisa membawa perbedaan besar jika Anda berniat mengganti suasana rumah. Cermin besar, bisa membuat ruangan tampak lebih besar. Sementara cermin dengan warna bingkai yang kontras dengan warna dinding, akan memberi kesan stylish dan unik. Atau, bila Anda ingin menghadirkan nuansa klasik, bisa memilih bingkai cermin warna emas berhias ukiran. Tidak perlu membeli cermin yang mahal, cukup pilih yang berdesain sederhana, dan Anda bisa berkreasi sendiri dengan mengecat ulang atau menambah ornamen lain pada bingkainya.

0 komentar :

Posting Komentar

share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...