Kamis, 30 Juni 2011

Posisi Sholat Berjamaah yang Benar

Sholat/Salat Berjama’ah adalah sholat yang dilakukan secara bersama-sama. Sholat ini dilakukan oleh minimal dua orang dengan salah seorang menjadi imam (pemimpin) dan yang lainnya menjadi makmum.
Adapun yang boleh menjadi Imam (pemimpin) adalah :
“Yang boleh mengimami kaum itu adalah orang yang paling pandai di antara mereka dalam memahami kitab Allah (Al Qur’an) dan yang paling banyak bacaannya di antara mereka. Jika pemahaman mereka terhadap Al-Qur’an sama, maka yang paling dahulu di antara mereka hijrahnya ( yang paling dahulu taatnya kepada agama). Jika hijrah (ketaatan) mereka sama, maka yang paling tua umurnya di antara mereka”.
Berikut aturan posisi Sholat berjamaah yang benar
Keterangan :
Sholat-Keterangan http://faktabukanopini.blogspot.com/

Sholat-1 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-2 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-3-4 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-5 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-6 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-7-8 http://faktabukanopini.blogspot.com/
Sholat-9 http://faktabukanopini.blogspot.com/Sholat-9-1 http://faktabukanopini.blogspot.com/


Sumber  : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/06/posisi-sholat-berjamaah-yang-benar.html
Baca Selengkapnya...

Kode Rahasia Android

SObat semua Mungkin Sudah tidak asing dengan Kode Rahasia Nokia | Kode Rahasia BB | Kode Rahasia Handphone China | Kode Rahasia Iphone | dan kode-kode rahasia lainnya, kinikumpulancara.com hadir lagi dengan Kode Rahasia Android.


Kode-kode rahasia ini sangat menarik seperti mengaktifkan atau menonaktifkan banyak pengaturan yang tersembunyi untuk menampilkan informasi yang berguna tentang ponsel Android.
Sobat akan mendapatkan beberapa kode rahasia yang tersembunyi yang dapat digunakan dalam ponsel Google Android untuk mengakses hal-hal yang tidak dapat diakses secara default.
Kode rahasia Android

PERHATIAN: Informasi ini ditujukan untuk pengguna yang telah berpengalaman. Hal ini tidak dimaksudkan untuk pengguna yang awam atau untuk kejahatan. Tolong jangan mencoba salah satu metode berikut jika Anda tidak terbiasa dengan ponsel. Saya tidak akan bertanggung jawab atas penggunaan atau penyalahgunaan informasi ini, termasuk kehilangan data atau kerusakan hardware. Jadi risiko Anda tanggung sendiri.

*#*#4636#*#*
Kode ini dapat digunakan untuk mendapatkan informasi menarik tentang telepon dan baterai, diantaranya:

* Informasi Ponsel
* Informasi Battery
* Battery history
* Statistik Pemakaian


*#*#7780#*#*
Kode ini dapat digunakan untuk mereset data, diantaranya:

* Pengaturan akun Google yang tersimpan pada ponsel
* Pengaturan sistem data aplikasi
* Aplikasi yang di download

data yang tidak akan terhapus:

* Sistem Operasi serta paket aplikasi bawaan Android
* Semua data yang ada pada memory card


*2767*3855#
Kode ini digunakan untuk memformat seluruh system termasuk penyimpanan memori internal. Hal ini juga akan menginstal ulang firmware telepon.


*#*#34971539#*#*
Kode ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kamera ponsel, diantaranya:

* Update camera firmware pada gambar (jangan anda coba, karena dapat merusak komponen kamera)
* Update camera firmware pada SD card
* Mendapatkan versi camera firmware
* Mendapatkan total update firmware


*#*#7594#*#*
Kode ini dapat digunakan untuk mengubah tombol “End Call atau Power”, jadi jika Anda menekannya lama, maka akan tampil pada layar meminta Anda untuk memilih pilihan dari mode Diam, Airplane mode dan Power off.


*#*#273283*255*663282*#*#*
Kode ini akan membuka layar Berkas salinan untuk membuat file cadangan pada media Anda misalnya Gambar, suara, catatan, video dan suara.


*#*#197328640#*#*
Kode ini dapat digunakan untuk masuk ke modus Service. Dapat menjalankan berbagai tes dan mengubah pengaturan di service mode.

———————————————————————–
Kode untuk mengetes WLAN, GPS dan Bluetooth
———————————————————————–

*#*#232339#*#* atau *#*#526#*#* OR *#*#528#*#* 
–> Mengetes WLAN (Gunakan tombol “Menu” untuk memulai berbagai tes)

*#*#232338#*#* –> Menampilkan WiFi MAC address

*#*#1472365#*#* –> Mengetes GPS

*#*#1575#*#* –> Mengetes GPS lainnya

*#*#232331#*#* –> Mengetes Bluetooth

*#*#232337#*# –> Menampilkan Bluetooth device

—————————————————————————
Kode untuk mengetahui informasi versi Firmware
—————————————————————————

*#*#4986*2650468#*#* –> Mengetahui PDA, Phone, H/W, RFCallDate

*#*#1234#*#* –> Mengetahui PDA dan Ponsel

*#*#1111#*#* –> Mengetahui versi FTA SW

*#*#2222#*#* –> Mengetahui versi FTA HW

*#*#44336#*#* –> Mengetahui PDA, Phone, CSC, Build Time, Changelist number

———————————————————-
Kode untuk menampilkan berbagai tes
———————————————————-
*#*#0283#*#* –> Packet Loopback

*#*#0*#*#* –> Mengetes LCD

*#*#0673#*#* atau *#*#0289#*#* –> Mengetes Melody atau Nada

*#*#0842#*#* –> Mengetes Device (Vibration dan BackLight)

*#*#2663#*#* –> Mengetahui versi Touch screen

*#*#2664#*#* –> Mengetes Touch screen

*#*#0588#*#* –> Mengetes Proximity sensor

*#*#3264#*#* –> Mengetahui versi RAM

CATATAN: Semua kode di atas telah dicoba pada semua ponsel Android.




Sumber : http://www.kumpulancara.com/2011/06/kode-rahasia-android.html
Baca Selengkapnya...

Rabu, 29 Juni 2011

Cara Mutusin Doi yang Baik dan Benar Biar Doi Gak Tersakiti

Menjalin hubungan pacaran gak selalu indah, ada saatnya hubungan itu harus berakhir, walaupun mungkin udah terjalin beberapa tahun. Putus cinta memang menyakitkan, hampir semua orang gak mau kalo harus putus hubungan sama pacar. Bagaimana cara mutusin hubungan yang gak terlalu nyakitin?

Cara Mutusin Pacar Yang Baik
Cara Mutusin Pacar Yang Baik
Yang namanya putus cinta pasti nyakitin, buat kita ataupun buat pasangan kita. Tapi mungkin dengan melakukan beberapa tips putus cinta yang lebih baik dan gak terlalu nyakitin yang bisa kamu lakukan:

* Buat persiapan
Memutuskan hubungan asmara tentu bukan keputusan yang mendadak, jadi mesti mempersiapkan waktu untuk keputusan kamu tersebut. Karena semakin baik persiapan, semakin kecil kemungkinan terpengaruh emosi. Pihak yang diputuskan, pasti akan sedih dan kemungkinan besar akan menangis. Persiapkan pula jawaban yang tegas dan dapat diterima olehnya, bila ia menanyakan alasan.

* Jadikan dia yang pertama tahu
Biasanya sebelum membuat keputusan ini, kamu akan bertanya dan meminta pertimbangan dari sahabat-sahabat terdekat. Tapi bukan berarti mereka yang harus ngasih tau ke pasangan kamu. Hormati pasangan dan katakan keputusan kamu, sebelum orang lain yang memberitahunya.

* Bertemu muka adalah yang terbaik
Memang lebih mudah mengucapkan perpisahan melalui telepon, email Facebook, Twitter atau SMS. Tapi cara itu akan membuat kamu terkesan penakut, terutama bagi pasangan. Dan biasanya, akan berakibat kurang baik buat pertemanan atau kesempatan balik lagi. Sebaiknya hormati pasangan dengan menyatakan secara tatap muka.
* Cari waktu yang paling tepat
Memutuskan hubungan, juga dibutuhkan waktu yang tepat. Jangan mengucapkan perpisahan saat kamu berdua tengah merayakan ulang tahun, hari jadi atau acara-acara yang seharusnya menyenangkan. Hari terbaik untuk mengucapkan kata putus adalah hari Jumat, sebab hari ini adalah hari terakhir kerja. Sehingga, ia dapat ‘menghilangkan diri’ di hari Sabtu dan Minggu untuk menenangkan diri dari dunia ‘luar’.

* Cari lokasi yang tepat
Selain waktu, memilih tempat yang tepat untuk mengucapkan kata ‘putus’ juga penting. Cari lokasi netral tanpa suasana yang memiliki nilai sentimentil buat kamu berdua, juga tempat yang tidak terlalu ramai atau banyak orang lain.

* Pilih kalimat tepat saat mengatakannya
Untuk menghindari kesan yang salah, katakan pemikiran dan keputusan kamu itu secara jelas, jujur dan sederhana. Beritahu bagaimana kepedihan kamu dalam membuat keputusan tersebut. Hindari berbohong untuk menghindari rasa sakit hati, sebaliknya, katakan secara jujur dengan kalimat yang di tata secara hati-hati.

* Biarkan dia menguasai keadaan
Saat diputus, reaksi orang berbeda-beda, dari tertawa hingga menangis, ada yang menerimanya dengan wajah serius atau seperti tak percaya. Beri ia waktu untuk memahami keadaan, lalu biarkan ia mengungkapkan perasaannya (jika ia mau).

* Sehari setelah kata putus
Mantan pacar kamu akan berusaha meyakinkan kamu untuk kembali bersama selama beberapa hari ke depan. Bila memang ada barang atau apapun yang harus diselesaikan, selesaikan secepatnya dan hindari kembali ke situasi layaknya kamu berdua masih bersama.


Sumber : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/06/cara-mutusin-doi-yang-baik-dan-benar.html
Baca Selengkapnya...

Tips-tips Gaje Pacaran di Bulan Ramadhan

mumpung bentar lagi bulan puasa, coba kita bahas dikit tips-tips gak jelas alias gaje buat pacaran di bulan puasa....

http://faktabukanopini.blogspot.com/
 

1. Dont Touch
Tips ini celaka buat para pacaraners yang hobi banget nyentuh-nyentuh pacarnya. Biasanya laki-laki nih yang hobi, tapi enggak menutup kemungkinan cewek juga doyan. Inti puasa kan menahan hawa nafsu, jadi tahanlah nafsu kamu-kamu buat menyentuh walopun itu berat. tapi, masa berat sih? cuma enggak nyentuh doang kok berat? Kan aktifitas sentuh menyentuh bisa di ganti dengan lomba lari keliling kampung, lebih sehat dan sarat muatan kearifan lokal.

Contoh Kasus :
Setting --> dalam bioskop XXI lagi nonton

Cewek : Mas, tanganmu di jaga dong!! Ini tuh lagi puasa, harus menahan hawa nafsu.
Cowok : Lho? tanganku ndak ngapa-ngapain kok? dua-duanya lagi tak pake ngupil. Lho ini lho, liat!
Cewek : Lha terus yang dikantongku opo? geli-geli semriwing gitu!
Cowok : Lha wong hamster kamu kantongin, yo jelas GELI! Aneh-aneh wae..
Cewek : Oh iyo ding..

Pesan Moral : jangan nyimpen hamster di kantong, bisa mati hamsternya.

2. Hindari berduaan
Temen saya, NurQomaruddin, pernah bilang kalo ada orang berdua-duaan maka yang ketiga adalah syaiton. Nah, supaya nafsu tetap terjaga, kurangi frekuensi berdua-duaan. Ato sebisa mungkin hindari. Biasanya anak muda jaman sekarang pinter-pinter nih, modus berdua-duaannya canggih-canggih. Ada tadarus berdua, pengajian berdua, buka puasa berdua, nonton ceramah KH Zainuddin MZ berdua, dan berdua-dua yang lainnya. Hati-hati, jangan mengotori susu sebelangan gara-gara nila setitik. Enggak asik tau.

Contoh kasus:
Cowok : Hani Bani, ayok kita semarakkan ramadhan kali ini dengan tadarus berdua!
Cewek : Ayok! Kebetulan ini aku lagi di Masjid Nurul Hakim. Ayo kita ngaji sampe 25 Juz!
Cowok : Ya udah Hani Bani, aku kesana yah!
Cewek : Kamu ke Masjid al-mizan ajah.
Cowok : Loh? kok gitu hani Bani? lagian jarak dua masjid itu kan 30 kilo?
Cewek : Iya, jadi nanti kalo aku selese ngaji satu Juz, kamu aku sms. Terus gantian kamu yang ngaji satu Juz.
Cowok : .....
Cewek : esensinya kan berdua? kenapa? protes? enggak suka? enggak mau? putus aja deh kalo gitu...

Pesan Moral : banyak jalan menuju Roma sodaraku.

3. Hindari Bujuk Rayu Gombal Cis Pret
Ini nih, ada pantangan yang dilanggar dalam berpuasa ketika kamu melakukan ritual bujuk rayu cis pret. Biasanya yang cowok-cowok nih yang sering. Oke, pantangan yang di langgar adalah : berbohong. Bujuk rayu Gombal Cis Pret rentan sekali dengan kebohongan. Pacar gemuk dibilang langsing, kecil dibilang efisien, botak dibilang irit, jelek dibilang ganteng dan setia. Daripada berbujuk rayu gombal cis pret, lebih baik kamu alihkan tema pembicaraan ke tema-tema kemanusiaan seperti: gempa di tasik, angka kemiskinan di Indonesia, solusi pencegahan perdagangan anak-anak, dan lain-lain.

Contoh Kasus:
cowok : Dik, kamu kok kelihatan manis dan langsing sih? minum sinzui ya?
cewek : Itu sabun, Bang.
cowok : Oh, ah..intinya kamu cantik banget hari ini. Ehem, kamu tau enggak? indahnya rembulan tak sanggup un..
cewek : Bang, serem ya gempa di tasik kemaren. banyak banget makan korban. Apalagi yang di cianjur tu disertai longsor. Enggak kebayang deh, rasanya gimana. Jiwa sosial saya bergetar, Bang. Ada tuh ya, bang. Seorang cowok yg lagi ngerayu-ngerayu pacarnya gitu, persis kaya kita ginih, terus tiba-tiba ketiban longsor. Mati Bang, MATI!
cowok : *nelen ludah

Pesan Moral : jangan ngerayu di deket area rawan longsor.

4. Be Serious

Nah, jadikan momen ramadhan ini sebagai momen untuk membawa hubungan kalian ke arah yang lebih serius. Jangan disitu-situ aja, jangan biarkan syaiton berkutat dalam hubungan kalian. Segera ambil tanggung jawab secara utuh. Buat yang laki-laki, temuin ortunya dan bilang dengan lantang : " Saya suka dengan BAPAK. eh, maksudnya Saya suka dengan ANAK BAPAK!" Buat yang cewek, mulailah melakukan perundingan dengan orang tua. "jadi pah, mah, Rina uda sreg banget ama mas Jono, udah klop kaya perangko ama tukang jual prangko nya. Kita pengin membawa hubungan ini ke arah yang serius.." Ingat, friend. Ramadhan bulan penuh berkah.

Contoh kasus :
Cowok : Bapak, SAYA SUKA DENGAN ANAK BAPAK!! *Berbicara keras dan lantang
Bapak : so?
Cowok : BULAN INI BULAN PENUH BERKAH!! SAYA INGIN MEMINANG ANAK BAPAK!
Bapak : Saya tolak..
Cowok : Lhah? kenapa pak? APA SAYA KURANG DEWASA?
Bapak : tetap saya tolak.
Cowok : Sungguh ter la lu..EMANG KENAPA SIH PAK?
Bapak : KAMU ENGGAK LIAT APA MUKA SAYA BASAH GINI. TELINGA SAYA MASIH BERFUNGSI DENGAN BAIK! KALO NGOMONG MBOK YA NDAK USAH TERIAK-TERIAK, MUNCRATNYA ITU LOH NDAK PAKE ANALISIS..!!

Pesan Moral : harus sopan di depan orang tua.




Sumber : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/06/tips-tips-gaje-pacaran-di-bulan-puasa.html
Baca Selengkapnya...

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat menjelang Haid (Menstruasi)


Menjelang menstruasi biasanya perempuan akan mengalami premenstrual syndrome (PMS), kondisi ini kadang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya ketahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat PMS.

Gejala PMS mencakup perubahan fisik seperti nyeri payudara, perut kembung, kram perut, dan emosional seperti suasana hati yang mudah berganti dan gampang marah. Diperkirakan sekitar 8-20 persen perempuan mengalami gejala PMS berat selama 1-2 minggu sebelum menstruasi datang.

"Ada bukti bahwa makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi dan berkontribusi pada derajat keparahan gejala PMS, untuk itu penting mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan," ujar Elizabeth Bertone-Johnson, ScD dari University of Massachusetts, seperti dikutip dari WebMD, Senin (20/6/2011).

Untuk itu ketahui hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam melawan gejala PMS yaitu:

Hal yang sebaiknya dilakukan
1. Mengonsumsi makanan dengan kalsium tinggi
Bertone-Johnson mengungkapkan studi dari perguruan tinggi menemukan perempuan dengan asupan kalsium dan vitamin D tinggi memiliki risiko lebih rendah mengembangkan PMS. Hal ini karena kalsium akan bekerja di otak untuk meringankan gejala depresi atau kecemasan, sedangkan vitamin D bisa memperbaiki perubahan emosional.

2. Mengonsumsi biji-bijian, protein, buah dan sayur
Jenis makanan tersebut diketahui kaya akan kandungan vitamin B. Studi terbaru menemukan bahwa perempuan dengan asupan tiamin (vitamin B1) dan riboflavin (vitamin B2) yang tinggi bisa mengurangi risiko PMS secara signifikan.

3. Melakukan olahraga ringan
Cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, sepeda atau berenang secara teratur sebanyak 3 kali seminggu sebelum menstruasi datang. Hal ini akan membantu melemaskan otot dan sendi sehingga menurunkan risiko terjadinya kram perut.

Hal yang tidak boleh dilakukan
1. Melewatkan waktu makan
PMS identik dengan perubahan suasana hati, jika seseorang melewatkan waktu makan dan membuat tubuh menjadi lapar maka akan memperburuk gejala PMS seperti lebih mudah marah akibat kadar gula darah menurun.

2. Mengonsumsi gula berlebih
Jika ingin mengonsumsi gula sebaiknya karena alasan tertentu, karena akan mengakibatkan perubahan pada tingkat hormon estrogen dan progesteron yang bisa menurunkan kadar senyawa serotonin di otak. Perubahan ini dapat mempengaruhi suasana hati yang memicu gejala PMS.

3. Asupan tinggi garam
Hampir setiap makanan yang dikonsumsi pasti mengandung garam, dan sangat sulit menghentikan asupannya. Sayangnya konsumsi garam dalam jumlah tinggi bisa menyebabkan perut kembung dan retensi air yang membuat PMS menjadi semakin tidak nyaman.
Baca Selengkapnya...

Cara Kerja Airbag (Kantung Udara) Pada Mobil

Air Bag, adalah perangkat keamanan yang terdiri dari sebuah tas kain besar yang berisi udara dan memberikan perlindungan bagi kepala dan tubuh bagian atas pengemudi selama tabrakan. Sudah tahu bagaimana cara kerja daripada airbag?

Dalam tabrakan dari depan (head-on collision), biasanya pengemudi dan penumpang akan terlempar ke depan di dalam kendaraan. Ketika airbag diaktifkan, airbag langsung mengembang dan menciptakan penghalang yang melawan atau meredam gerakan maju dari pengemudi atau penumpang depan.
Kantong udara tersebut dirancang untuk mencegah pemngemudi atau penumpang depan menabrak kaca depan atau dashboard kendaraan, sehingga mengurangi cedera mereka. Airbag juga dikenal sebagai sistem pengendalian tambahan (SRS, supplemental restrain system), atau pembatasan tambahan karet (SIR, supplemental inflatable restrain).
Kantong udara (airbag) dirancang untuk bekerja bersama dengan sabuk pengaman. Namun, kantung udara sendiri dapat memberikan perlindungan bagi kendaraan penghuni yang tidak mengenakan sabuk pengaman.
Pada tahun 2002 lebih dari 60 persen dari semua kendaraan di Amerika Serikat telah dilengkapi dengan kantong udara untuk pengemudi. Administrasi Keselamatan dan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA, National Highway Traffic and Safety Administration) memperkirakan bahwa pada tahun 2002, airbag telah menyelamatkan nyawa lebih dari 9.000 orang di Amerika Serikat.
Ada beberapa jenis kantung udara, yakni:

Airbag yang disimpan di dalam setir mobil.

cara-kerja-air-bag at http://faktabukanopini.blogspot.com/
Airbag ini akan mengembang selama tabrakan frontal untuk mencegah sopir menabrak kemudi atau dashboard. Sebuah airbag untuk penumpang disimpan di dalam panel instrumen atau dashboard. Kantung ini mengembang selama tabrakan frontal untuk mencegah kepala penumpang depan memukul kaca depan/dashboard.

Kantong udara penumpang lebih besar daripada airbag pengemudi dan memiliki bentuk yang berbeda.
kantong-udara-air-bag-mobil at http://faktabukanopini.blogspot.com/

Airbag yang disimpan di samping.

Beberapa kendaraan juga memiliki airbag samping di dalam pintu, arm rest, kursi depan, atau tempat duduk belakang. airbag samping akan mengembang saat terjadi tabrakan di samping.

Airbag yang disimpan dari atas jendela.

Sebuah desain yang terbaru adalah Head restrain system yang mengembangkan kantung udara dari atas jendela samping untuk perlindungan tambahan dalam benturan samping.
air-bag-atas-jendela at http://faktabukanopini.blogspot.com/
Namun, semua Airbag tampaknya tidak dirancang untuk menggelembung atau untuk melindungi penumpang dalam benturan belakang atau rollovers.

KONDISI YANG MEMICU MENGGELEMBUNGNYA AIRBAG

kondi-pemicu-air-bag-pada-mobil at http://faktabukanopini.blogspot.com/
Mobil yang dilengkapi airbag, berarti memiliki sensor “MEMS accelerometer” yang merupakan IC(integrated circuit) kecil. Sensor ini bekerja dengan mendeteksi rapid-deceleration (perlambatan yang terlalu cepat, CMIIW), yang kemudian memerintahkan sistem untuk menggelembungkan airbag.
rangka-air-bag-elektrikal at http://faktabukanopini.blogspot.com/
Peraturan di amerika sono bilang, deployment (pengembangan/penggelembungan) airbag dalam tabrakan, paling tidak sama dengan deceleration dengan nilai 23 km/jam (14 mph), atau bisa disamakan dengan menabrak mobil dengan ukuran yang sama dengan sistem adu jangkrik (bagian depan masing2 kendaraan pada kecepatan 2x dari mobil satunya lagi)

Tapi…
Ngga kaya test tabrakan pada dinding penghalang, tabrakan sebenernya biasanya terjadi pada sudut2 selain bagian depan mobil (full-front), dan gaya dari tabrakan biasanya tidak disebarkan keseluruh bagian depan mobil dimana sensor itu berada.

Akibatnya, kecepatan relatif antara mobil yang menabrak dan yang ditabrak yang dibutuhkan untuk menggelembungkan airbag dalam tabrakan sebenarnya bisa lebih tinggi dari persamaan tabrakan dinding. Karena sensors airbag mengukur deceleration, kecepatan mobil dan kerusakan bukanlah indikator yang bagus untuk kapan airbag harusnya menggelembung.

Airbag bisa menggelembung saat mobil dengan keadaan under-carriage (beban kurang, penumpang ngga ada) menabrak objek rendah yang menonjol diatas jalan yang bisa menyebabkan perlambatan.

PROSES PENGGELEMBUNGAN AIRBAG (INFLATING)

Saat airbag akan menggelembung, sebuah sinyal dikirim ke unit inflator dalam airbag control unit. Sebuah igniter atau penyulut, menyulut sebuah reaksi kimia yang sangat cepat dan menghasilkan gas nitrogen (N2) untuk mengisi airbag dan membuatnya menggelembung menerobos cover dari modul airbag.
proses-penggelembungan-air-bag-mobil at http://faktabukanopini.blogspot.com/
Beberapa teknologi airbag menggunakan nitrogen terkompresi atau gas argon dengan sebuah pyrotechnic operated valve (“hybrid gas generator”). Ada juga yang memakai sodium azide (NaN3) yang sangat beracun (sangat biasa pada desain inflator lawas), tapi sudah tidak digunakan lagi sejak 90-an dalam pengembangan yang menjurus ke effisiensi, lebih murah and dan kurang beracun.

PROSES PENGEMPESAN AIRBAG (DEFLATING)

Reaksi kimia menghasilkan ledakan nitrogen disengaja untuk mengembangkan airbag. Setelah airbag terkembang, deflasi dimulai segera saat gas keluar melalui lubang dalam kain (atau, seperti yang kadang-kadang disebut, pori2 kain) dan mendingin. Pengembangan sering disertai dengan pelepasan partikel seperti debu dan gas dari dalam interior kendaraan (disebut efluen).
proses-pengempesan-air-bag
Sebagian besar debu ini terdiri dari tepung jagung, kapur perancis, atau bedak talc, yang digunakan untuk melumasi airbag selama deployment/inflasi.

Desain yang terbaru menghasilkan limbah utama terdiri dari bedak/tepung jagung dan gas nitrogen yang tidak berbahaya. Dalam desain yang lebih tua digunakan propelan berbasis azida (biasanya NaN3), berbagai jumlah sodium hidroksida pada awalnya hampir selalu hadir.

Dalam jumlah kecil kimia ini dapat menyebabkan iritasi kecil untuk mata dan / atau luka terbuka, namun dengan pemaparan ke udara, dengan cepat berubah menjadi natrium bikarbonat (baking soda). Namun, transformasi ini tidak 100% selesai, dan selalu menyisakan jumlah sisa ion hidroksida dari NaOH. Tergantung pada jenis sistem airbag, kalium klorida (sering digunakan sebagai pengganti garam meja) juga bisa aja ada.
Bagi kebanyakan orang, efek yang muncul mungkin hanya debu yang menyebabkan iritasi minor pada tenggorokan dan mata. Secara umum, gangguan kecil hanya terjadi ketika penghuni tetap dalam kendaraan selama beberapa menit dengan jendela tertutup dan tidak ada ventilasi. Namun, beberapa orang dengan asma dapat menyebabkan serangan asma berpotensi mematikan dari menghirup debu tersebut.

Sumber : http://faktabukanopini.blogspot.com/2011/06/cara-kerja-airbag-kantung-udara-pada.html
Baca Selengkapnya...

share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...