Selasa, 19 April 2011

Mengapa Air Tak Tergantikan?

Jika ditanya komponen gizi apa yang paling banyak terdapat pada tubuh, jawaban yang tepat adalah Air! Air putih sangat penting bagi tubuh untuk membantu organ bekerja optimal dan menggantikan cairan yang hilang. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tubuh dapat terhindar dari berbagai dampak dehidrasi seperti sakit kepala, infeksi saluran kemih, batu ginjal, konstipasi dan penyakit lainnya.
Namun, sayangnya, gaya hidup modern membuat banyak orang lebih terbiasa mengkonsumsi minuman ringan, kopi, teh dan minuman jenis lainnya dibandingkan air putih. Meskipun sama-sama cairan, tahukah Anda kalau minuman-minuman ini justru dapat mengakibatkan dehidrasi?
Pada minuman ringan atau soda, setidaknya dalam satu kemasannya mengandung 7 buah gula kubus, yaitu sekitar 35 gram. Tingginya kadar gula ini dapat membahayakan tubuh! Karena kadar gula yang berlebih dalam darah meningkatkan produksi insulin yang akan bekerja memasukkan gula yang berlebih dalam darah ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan dan disimpan. Jika hal ini terus berlangsung dapat mengarah ke risiko kegemukan dan resistensi insulin. Resistensi insulin akan meningkatkan risiko diabetes mellitus dan ganguan jantung pembuluh darah. Sedangkan untuk membakar kalori yang kita terima dari satu kaleng minuman ringan, kita perlu berlari selama 20 menit.
Lalu, bagaimana dengan teh dan kopi favorit Anda? Minuman ini memang telah banyak berinovasi dan tidak lagi merupakan sumber lemak dan kalori. Namun, perlu diingat bahwa minuman ini tetap mengandung kafein. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui bahwa kafein bersifat membuat tubuh buang air kecil sehingga konsumsi kafein berlebih dapat menimbulkan dehidrasi dan efek lainnya seperti mual, meningkatnya keluhan PMS (pre menstrual syndrome) pada perempuan, gelisah, perasaan cemas, dan penyakit lainnya. Jadi, mengurangi konsumsi teh atau kopi harian Anda bisa jadi langkah pertama yang mudah untuk hidup sehat!
Minuman lain yang cukup populer, biasanya di kalangan anak muda, adalah minuman olahraga. Minuman yang biasa dikonsumsi oleh para atlet ini memang menyegarkan. Namun, perlu diingat bahwa minuman jenis ini mengandung sodium, karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jadi, jika Anda mengkonsumsinya pada saat tidak sedang berolahraga atau berkeringat, minuman ini bisa membawa efek negatif untuk tubuh Anda.
Dengan semua pertimbangan di atas, ada baiknya jika Anda mulai mengurangi jumlah minuman ringan, , kopi, teh, atau minuman berenergi yang biasa Anda konsumsi. Drink more water, instead! karena pada dasarnya air putih dengan mineral yang seimbang adalah sumber utama pengganti air tubuh yang hilang setiap harinya.

Sumber : http://www.aqua.com/airdananda/mengapa-air-tak-tergantikan-id

0 komentar :

Posting Komentar

share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...